SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
MTs Sunan Kalijogo Kelas
/ Semester :
VII / 1
Mata Pelajaran :
Qur’an Hadits Tahun
Pelajaran :
2014/2015
KOMPETENSI INTI
:
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
||||
1.1
Meyakini Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman
hidup
1.2
Meyakini isi kandungan hadis tentang iman dan hadis
tentang ibadah yang diterima Allah adalah yang dilakukan dengan ikhlas.
1.3 Menghayati kandungan
Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113)
dan al-Ikhlas
(112) tentang keesaan Allah
|
·
Observasi
·
Catatan
-Jurnal
·
Penilaian
diri
·
Penilaian
sejawat
|
·
|
||||||||
2.1 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan.
2.2 Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai
penerapan isi kandungan Q.S. al-Fatihah(1), an-Nas
(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)dalam kehidupan sehari-hari.
2.3 Terbiasa beribadah sebagai penerapan isi kandungan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah
|
·
Observasi
·
Catatan
-Jurnal
·
Penilaian
diri
·
Penilaian
sejawat
|
|||||||||
3.1 Memahami kedu-dukan Al-Qur’an
dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
3.2 Mempraktikkan ca-ra hidup yang sesuai dengan Al
Qur’-an dan hadis
|
3.2.1 Mendefinisikan pengertian al-Qur’an
3.2.2 Menjelaskan pengertian al-hadis
3.2.3 Mengidentifikasi fungsi Al-Qur’an dalam kehidupan
sehari-hari
3.2.4 Menyimpulkan kedudkan al-hadis sebagai pedoman hidup
3.2.5 Mendiskripsikancaraefektif memfungsikan Al-Qur’an
dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.1
Mempresentasikan ciri
prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis
|
·
Kedudukan
dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman
hidup umat manusia
·
Kedudukan dan fungsi Al-Hadis sebagai pedoman hidup
umat manusia
|
Mengamati
·
Mengamati gambar,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataanyang terkait dengan
kedudukan Al-Qur’an dan hadis
Mengexplorasi
· Secara berkelompok mencari informasi yang terkait
denganpengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dankedudukan
Al-Qur’andan hadis sebagai pedoman hidup dari berbagai sumber; buku
literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiasi
· Mendiskusikandan merumuskan hasil pencarian
informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan
hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai
pedoman hidup.
·
Secara berkelompok melakukan analisis dan
koreksi terhadap hasil rumusan tentang pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan
hadis sebagai pedoman hidup.
·
Menyusun kesimpulan kandungan ayat
dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan paparan hasil
pencarian informasi tentang pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman
hidup umat manusia.
·
Memberikan tanggapan papararan hasil pencarian informasi tentang
pengertian Al-Qur’an dan hadis,
fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia..
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan
hadis
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang
pengertian Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan
kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
Tes
·
Tes tulis
·
Praktik/performance
|
2 TM
(4 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
||||
4.2 Memahami isi kan-dungan Q.S. al-Fatihah(1),
an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)tentang tauhid dalam konsep
Islam
4.3 Menunjukkan sikap orang yang memiliki tauhid
sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan
al-Ikhlas (112).
|
3.2.1
Menjelaskan arti surah
al-Fatihah (1),
3.2.2 Menerangkan kandungan surah an-Nas (114),
3.2.3
Mendiskripsikan tafsir surah al-Falaq
(113)
3.2.4
Mengidentifikasi isi surah al-Ikhlas
(112)
3.2.5
Menyimpulkan isi surah yang dipelajari
4.2.1 Mempresentasikan contoh-contoh sikap orang yang bertauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
|
·
Ayat-ayat
Al-Qur’an Tentang tauhid (QS. al Fatihah, QS. an-Nas, QS. al-Falaq,QS. al-Ikhlas.
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan tentang semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
· Menyimak bacaan secara
tartil dariQ.S.al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)
· Mengamati gambar foto atau tayangan
vedio tentang sikap tauhid sesuai isi kandungan Q.S.al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan ataupernyataan
tentang hal-hal yang terkait
dengan tayangan yang telah dicermatinya.
Mengeksplorasi
· Secara kelompok menggali informasi tentang isi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari berbagai sumber;
buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari macam-macam bacaan secara tartil
dariQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) dari berbagai rekaman bacaan.
Mengasosiasi
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil
penterjemahan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
· Diskusi tentang tauhid
sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan
al-Ikhlas(112)
· Merumuskan hasil penggalian informasi tentang kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan
bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Menanggapi paparan kandungan Q.S.Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114),
al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Secara berpasangan, menghafalkan secara tartil Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
|
Tugas
·
Membuat
resume hasil diskusi
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
· Membuat paparan tentang kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
Tes
·
Tes tulis
·
Tes Lisan
|
3 TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
||||
3.3.Memahami keter-kaitan
isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمانمعرفة
بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin
Khattab
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن
تؤمنبالله... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله
...)
dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah
hadis riwayat Al-Bazzar
dari Ai-uappaq:
(قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعيشريكافهوللشريكي
"أيهاالناساخلصواأعمالكملله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.3. Menunjukkan sikap
orang yang beriba-dah didasari keikh-lasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi
Thalib dari Ibnu Majah:
(الإيمانمعرفة
بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان)
dan hadist riwayat Muslim dari Umar bin
Khattab:
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن
تؤمنبالله... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله
…(
dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah
riwayat Al-Bazzar
dari Adh-Dhahlaq:
(قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعيشريكافهوللشريكي
"أيهاالناساخلصواأعمالكملله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
|
3.1.1 Menjelaskan arti hadis tentang iman
riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
3.1.2 Mengidentifikasi hadis tentang
ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Ai-uappaq
3.1.3 Menyimpulkan sikap orang
yang beribadah didasari keikhlasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi
Thalib dari Ibnu Majah
3.1.4 Mendiskripsikan salah satu cara hidup ikhlas yang
sesuai al-Hadis.
3.1.5 Membandingkan
beberapa isi hadis tentang ibadah yang diterima
4.3.1
Mempresentasikan contoh sikap orang yang beribadah didasari keikh-lasan sesuai hadis
|
4 Hadis-hadis ten-tang Iman
- Hadis
الإيمانمعرفة
بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان
- Hadis
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن
تؤمنبالله... )
- Hadis
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله
...)
- Hadis
(قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعيشريكافهوللشريكي
"أيهاالناساخلصواأعمالكملله....)
- Hadis
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
Terjemah hadis
tentang iman amal yang diterima Allah SWT.
Kandungan hadis
tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan atau kisah
tentang orang Islam yang memiliki keteguhan iman dan beramal sesuai dengan
isi hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT .
· Mendengarkan bacaan hadis-hadis tentang iman
dari teman atau guru
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru,peserta didik mengajukan pertanyaan ataupernyataan
yang terkait dengan
hubungan iman dan amalan yang diterima Allah SWT..
· Secara berpasangan siswa bertanya tentan
iman dan amalan yang diterima
Mengeksplorasi
· Mencari arti perkata dari hadis
tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
· Secara kelompok menggali informasi tentang isi kandungan hadis tentang
iman dan amal yang diterima Allah SWT, dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari contoh-contoh sikap yang sesuai dengan hadis tentang iman dan
amal yang diterima Allah SWT.
· Mencari cara menulis yang benar, hadis
tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
Mengasosiasi
· Menghafal hadis tentang iman dan dan amal
yang diterima Allah SWT
· Menulis dan menterjemah hadis tentang iman
dan amal yang diterima Allah SWT.
· Melakukan diskusi tentang isi kandungan hadis
tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
· Mengidentifikasi perbuatan yang sesuai
dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.
· Menyusun kesimpulan kandungan hadis tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT. dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Menyajikan paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan kandungan
hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
· Menangggapi paparan hasil diskusi dan
analisis keterkaitan kandungan hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima
Allah SWT.
· Menyajikan contoh perbuatan yang sesuai
dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan hadis- hadis pada
materi.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang kandungan hadis-hadis pada materi pokok
Tes
· Tes tulis
· Tes lisan
.
|
3 TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
||||
Mengetahui ;
Kepala Madrasah
PUJIANTO,
S.Ag. M.Pd.I
NIP. 197705022003121004
|
Guru Pamong
Hj. Rifa'atul Mahmudah, S.Pd.I
NIP. ..................................
|
Kendal, 10 Februari 2015
Guru PPL
HIDAYATUL ROFI'AH
NIMKO. 2011.4.075.0001.5.01334
|
||||||||
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
MTs Sunan Kalijogo Kelas
/ Semester :
VII / 2
Mata Pelajaran :
Qur’an Hadits Tahun
Pelajaran :
2014/2015
KOMPETENSI INTI
:
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
|||
1.1
Meyakini pentingnya hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98),
al- al- Kafirun
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
1.2
Menyadari pentingnya sikap
tasamuh
1.3
Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
2.1
Memiliki
sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan
hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Terbiasa menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98),
al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah
pendek pilihan
2.3 Memiliki sikap optimis dan istiqamah
dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr
(110) dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Observasi
·
Catatan
-Jurnal
·
Penilaian
diri
·
Penilaian
sejawat
·
Observasi
·
Catatan
-Jurnal
·
Penilaian
diri
·
Penilaian
sejawat
|
||||||||
3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98),
al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah
pendek pilihan
4.1
Mempraktikkan
hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S.
al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
3.1.1 Menyebutkan arti hukum
bacaan Qalqalah
3.1.2 Menjelaskan ciri-ciri
hukum bacaan Qalqalah
3.1.3 Mendiskripsikancara membunyikan hukum
bacaan Qalqalah
3.1.4 Mengidentifikasi hukum
bacaan Qalqalah
3.1.5 Menyimpulkan
cara membaca bacaan Qolqolah
4.1.1 Mempraktekan bacaan Qolqolah
|
Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S.
al-Bayyinah(98), al- al Kafirun
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
Mengamati
·
Mengamati penggalan ayat
yang mengandung hukum bacaan qalqalah
·
Menyimak bacaan ayat yang mengandung hokum bacaan qalqalah dengan baik dan benar
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan hukum bacaan qalqalah
· Secara berpasangan saling
bertanya tentang bacaan qalqalah
Mengeksplorasi
· Secara kelompok menggali informasi tentang pengertian hukum bacaan
qalqalah, ketentuan hukum bacaan qalqalah dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam
Al-Qur’an, khususnya Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
Mengasosiasi
· Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian
informasi tentang hukum bacaan qalqalah
·
Mengidentifikasi hukum
bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan
Surah lainnya dalam Al-Qur’an.
·
Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasi
·
Mempresentasikan hokum
bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
·
Menunjukkan contoh hukum bacaan qalqalahyang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
|
4 TM
(8 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
||||
3.2
Memahami
isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan
umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim,
Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم
لجاره
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه
4.2 Mendemonstrasikan sikap tasammuh
(toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
|
3.2.1
Menterjemahkan surah al-Kafirun
3.2.2
Menjelaskan kandungan surah al-Bayyinah
3.2.3
Menterjemahkan hadis
riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar
r.a.
3.2.4
Menjelaskan isi kandungan hadis
riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar
r.a
3.2.5
Menyimpulkan hasil
kajian ayat atau hadis
4.2.1 Mensimulasikan sikap
tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
|
·
Ayat-ayat
Al-Qur’an tentang toleransi
-
QS.
al-Kafirun (109)
-
QS.
al-Bayyinah (89)
·
Hadis
– hadis tentang toleransi dalam berte-tangga:
-
Hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban,
Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله
يرهم لصاحبه وخير الجيران عند لله خيرهم لجاره
-
Hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
|
Mengamati
·
Mengamati gambar, foto,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kerukunan dan keharmonisan di masyarakat
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan ataupernyataan yang
terkait dengan toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat
· Secara berpasanangan siswa
saling bertanya tentang toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat
Mengexplorasi
·
Menggali informasi dari berbagai sumber
tentang kandungan Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah.
·
Mencari informasi dari berbagai sumber
tentang terjemahan kata dan
isi kandungan hadis
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Asosiasi
· Secara berkelompok mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan
hadis :
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Serta
merumuskannya secara tertulis.
· Mengidentifikasi sikap
tasammuh yang sesuai dengan isikandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
dan hadis :
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
·
Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Komunikasi
· Mempresentasikan hasil pencarian informasi dan
diskusi kelompok tentang isi kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
· Memberikan tanggapan dari papararan tentang isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
dan hadis :
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
· Menunjukkan contoh sikap tasammuh yang sesuai dengan
isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS.
al-Bayyinah dan hadis :
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى
نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
|
Tugas
Membuat
dan melaku-kan sosiodrama tentang sikap toleransi.
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portopolio
· Membuat paparan tentang kandungan QS. al-Kafirun
dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير
الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan
ganda dan uraian
·
Tes lisan untuk hafalan
ayat
Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri dan penilaian teman sejawat.
|
4 TM
(8 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
|||
3.3. Memahami isi kan-dungan
Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
4.3 Mendemosntrasikan sikap istikomah Rasulullah
SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab
(111) dan Q.S an-Nasr (110)
|
3.3.1
Menjelaskan arti surah al-Lahab
(111)
3.3.2
Mendiskripsikan isi kandungan surah al-Lahab
(111)
3.3.3
Mengidentifikasi kandungan surah Nasr
(110) problematika dakwah
3.3.4
Menyimpulkan isi ayat al-Qur’an atau
hadis tentang dakwah
3.3.5
Mendiskripsikan sikap istiqomah
Rasulullah dalam berdakwah
3.3.6
Mensimulasikan sikap istikomah Rasulullah
SAW dalam berdakwah
|
·
Ayat-ayat
Al-Qur’an Tentang problematika dakwah
-
QS.
al-Lahab
-
QS.
an-Nasr
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan atau kisah tentang problematika dan
tangtangan dakwah.
· Mencermati bacaan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, mengajukan pertanyaan atau pernyataan
tentang hal-hal yang terkait
dengan tantangan dan problematika dakwah
· Secara berpasangan saling bertanya terkait dengan tantangan dan problematika
dakwah
Mengeksplorasi
·
Menggali informasi dari berbagai sumber
tetang terjemahan kata dari Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·
Menggali informasi dari berbagai sumber
tentang isi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·
Diskusi menyusun arti perkata
· Secara berpasangan menghafalkan Q.S.
al- Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Secara kelompok
Mengasosiasi
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil
terjemahan dari Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mendiskusikan hasil pengumpulan informasi
dari beberapa sumber tentang isi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· merumuskan hasil penggalian informasi tentang isi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mengidentifikasi sikap istikomah Rasulullah SAW. dalam
berdakwah sesuai isi kandungan Q.S.al-Lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan
bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menanggapi paparan kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menunjukkan contoh sikap istikomah
Rasulullah SAW dalam berdakwah.
|
Tugas
·
Membuat
esai terkait biografi tokoh-tokoh
penentang dakwah
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portopolio
· Membuat paparan tentang kandungan Q.S.
al-al-Lahab dan QS. an-Nashr
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan
ganda dan uraian
· Tes Lisan hafalan Q.S. al-Lahab dan QS. an-Nasr
Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri dan penilaian teman sejawat.
|
3TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
|
|||
Mengetahui ;
Kepala Madrasah
PUJIANTO,
S.Ag. M.Pd.I
NIP.
197705022003121004
|
Guru Pamong
Hj. Rifa'atul Mahmudah, S.Pd.I
NIP. ..................................
|
Kendal, 10 Februari 2015
Guru Praktikan
HIDAYATUL ROFI'AH
NIMKO. 2011.4.075.0001.5.01334
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar