Selasa, 31 Maret 2015

SILABUS QUR'AN HADITS KELAS VII MTS


SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan pendidikan                 : MTs Sunan Kalijogo                                                                                        Kelas / Semester                                  : VII / 1
Mata Pelajaran                       : Qur’an Hadits                                                                                                   Tahun Pelajaran                                 : 2014/2015
KOMPETENSI INTI :
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2

:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3

:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa   ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1     Meyakini  Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
1.2     Meyakini  isi kandungan hadis tentang iman dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah adalah yang dilakukan dengan ikhlas.
1.3     Menghayati kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) tentang keesaan Allah



·         Observasi
·         Catatan -Jurnal
·         Penilaian diri
·         Penilaian sejawat






·    
2.1    Memiliki perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan.
2.2    Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai penerapan isi kandungan Q.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)dalam kehidupan sehari-hari.
2.3    Terbiasa  beribadah sebagai penerapan isi kandungan hadis tentang ibadah yang diterima Allah




·         Observasi
·         Catatan -Jurnal
·         Penilaian diri
·         Penilaian sejawat


3.1      Memahami kedu-dukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia

3.2      Mempraktikkan ca-ra hidup yang sesuai dengan Al Qur’-an dan hadis

3.2.1    Mendefinisikan pengertian al-Qur’an
3.2.2    Menjelaskan pengertian al-hadis
3.2.3    Mengidentifikasi fungsi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
3.2.4    Menyimpulkan kedudkan al-hadis sebagai pedoman hidup
3.2.5    Mendiskripsikancaraefektif memfungsikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

4.1.1    Mempresentasikan ciri prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis
























·     Kedudukan  dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat manusia
·     Kedudukan  dan fungsi Al-Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
Mengamati
· Mengamati gambar, tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan/pernyataanyang terkait dengan kedudukan Al-Qur’an dan hadis

Mengexplorasi
·    Secara berkelompok mencari informasi yang terkait denganpengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dankedudukan Al-Qur’andan hadis sebagai pedoman hidup dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak.

Mengasosiasi
·    Mendiskusikandan merumuskan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
·    Secara berkelompok melakukan analisis dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
·    Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.

Mengkomunikasikan
·    Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
·    Memberikan tanggapan  papararan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman  hidup umat manusia..
Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·      Membuat paparan tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan  kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
Tes
·      Tes tulis
·      Praktik/performance


2 TM
(4 x 40 Jam)






























·   Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
·   Buku pegangan siswa Kemenag
·   Buku Pedoman Guru, Kemenag
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Akses Internet yang sesuai kebutuhan
·   Sumber lain yg menunjang















4.2  Memahami isi kan-dungan Q.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)tentang tauhid dalam konsep Islam

4.3      Menunjukkan sikap orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112).

3.2.1    Menjelaskan arti surah al-Fatihah (1),
3.2.2    Menerangkan kandungan surah an-Nas (114),
3.2.3    Mendiskripsikan tafsir surah al-Falaq (113)
3.2.4    Mengidentifikasi isi surah al-Ikhlas (112)
3.2.5    Menyimpulkan isi surah yang dipelajari
4.2.1 Mempresentasikan contoh-contoh sikap orang yang bertauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
·       Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang tauhid (QS. al Fatihah, QS. an-Nas,  QS. al-Falaq,QS. al-Ikhlas.

Mengamati
·   Mengamati gambar atau tayangan tentang semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
·   Menyimak bacaan secara tartil dariQ.S.al-Fatihah (1),  Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)
·   Mengamati gambar foto atau tayangan vedio tentang sikap tauhid sesuai isi kandungan Q.S.al-Fatihah (1),  Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113) dan Q.S. al-Ikhlas (112)


Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik  mengajukan pertanyaan ataupernyataan tentang hal-hal yang terkait dengan tayangan yang telah dicermatinya.

Mengeksplorasi
·  Secara kelompok menggali informasi tentang isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
·   Mencari macam-macam bacaan secara tartil dariQ.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari berbagai rekaman bacaan.

Mengasosiasi
·   Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
·   Diskusi tentang tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas(112)
·   Merumuskan hasil penggalian informasi tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
·   Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.

Mengkomunikasikan
·   Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
·   Menanggapi paparan kandungan Q.S.Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
·   Secara berpasangan, menghafalkan secara tartil Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
Tugas
·      Membuat resume hasil diskusi

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portopolio
·      Membuat paparan tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)

Tes
·      Tes tulis
·      Tes Lisan







3 TM
(6 x 40 Jam)

·   Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
·   Buku pegangan siswa Kemenag
·   Buku Pedoman Guru, Kemenag
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Akses Internet yang sesuai kebutuhan
·   Sumber lain yg menunjang

3.3.Memahami keter-kaitan isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمانمعرفة بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان)
dan hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن تؤمنبالله...  )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله ...)
dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Ai-uappaq:
(قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعيشريكافهوللشريكي "أيهاالناساخلصواأعمالكملله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya


4.3. Menunjukkan sikap orang yang beriba-dah didasari keikh-lasan sesuai  hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah:
(الإيمانمعرفة بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان)
dan hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن تؤمنبالله...  )
 dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله …(
dan hadis tentang ibadah yang diterima Allah riwayat Al-Bazzar dari Adh-Dhahlaq:
(قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعيشريكافهوللشريكي "أيهاالناساخلصواأعمالكملله....)
dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
3.1.1    Menjelaskan arti hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
3.1.2    Mengidentifikasi hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Ai-uappaq
3.1.3    Menyimpulkan sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai  hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah
3.1.4    Mendiskripsikan salah satu cara hidup ikhlas yang sesuai al-Hadis.
3.1.5    Membandingkan  beberapa isi hadis tentang ibadah yang diterima

4.3.1        Mempresentasikan contoh sikap orang yang beribadah didasari keikh-lasan sesuai  hadis


4  Hadis-hadis ten-tang Iman
-       Hadis
الإيمانمعرفة بالقلبوقولباللسانوعملبالأركان
-       Hadis
(قالفأخبرنىعنالإيمانقالأن تؤمنبالله...  )
-       Hadis
(الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله ...)

-       Hadis
(قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعيشريكافهوللشريكي "أيهاالناساخلصواأعمالكملله....)
-       Hadis
(منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)

Terjemah hadis tentang iman amal yang diterima Allah SWT.

Kandungan hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
Mengamati
·   Mengamati gambar atau tayangan atau kisah tentang orang Islam yang memiliki keteguhan iman dan beramal sesuai dengan isi hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT .
·   Mendengarkan bacaan hadis-hadis tentang iman dari teman atau guru
Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru,peserta didik  mengajukan pertanyaan ataupernyataan yang terkait dengan hubungan iman dan amalan yang diterima Allah SWT..
·   Secara berpasangan siswa bertanya tentan iman dan amalan yang diterima

Mengeksplorasi
·  Mencari arti  perkata dari hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
·  Secara kelompok menggali informasi tentang isi kandungan hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT, dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
·  Mencari contoh-contoh sikap yang sesuai dengan hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
·   Mencari cara menulis yang benar, hadis tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
Mengasosiasi
·   Menghafal hadis tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT
·   Menulis dan menterjemah hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
·   Melakukan diskusi tentang isi kandungan hadis tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
·   Mengidentifikasi perbuatan yang sesuai dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.
·   Menyusun kesimpulan kandungan hadis tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT. dengan bimbingan guru.

Mengkomunikasikan
·   Menyajikan paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan kandungan hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
·   Menangggapi paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan kandungan hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
·   Menyajikan contoh perbuatan yang sesuai dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.

Tugas
·       Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan hadis- hadis pada materi.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·       Membuat paparan tentang kandungan hadis-hadis pada materi pokok

Tes
·       Tes tulis
·       Tes lisan
.





3 TM
(6 x 40 Jam)






























·   Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
·   Buku pegangan siswa Kemenag
·   Buku Pedoman Guru, Kemenag
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Akses Internet yang sesuai kebutuhan
·   Sumber lain yg menunjang



Mengetahui ;
Kepala Madrasah






PUJIANTO, S.Ag. M.Pd.I
NIP. 197705022003121004



Guru Pamong






Hj. Rifa'atul Mahmudah, S.Pd.I
NIP. ..................................
Kendal, 10 Februari 2015

Guru PPL






HIDAYATUL ROFI'AH
NIMKO. 2011.4.075.0001.5.01334

























SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan pendidikan                 : MTs Sunan Kalijogo                                                                                        Kelas / Semester                                  : VII / 2
Mata Pelajaran                       : Qur’an Hadits                                                                                                   Tahun Pelajaran                                 : 2014/2015
KOMPETENSI INTI :
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2

:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3

:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa   ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

1.1    Meyakini pentingnya hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
1.2    Menyadari  pentingnya sikap tasamuh
1.3    Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah

2.1    Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
2.2    Terbiasa menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
2.3    Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) dalam kehidupan sehari-hari



·         Observasi
·         Catatan -Jurnal
·         Penilaian diri
·         Penilaian sejawat











·         Observasi
·         Catatan -Jurnal
·         Penilaian diri
·         Penilaian sejawat



3.1     Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan









4.1    Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan

3.1.1    Menyebutkan arti hukum bacaan Qalqalah
3.1.2    Menjelaskan ciri-ciri hukum bacaan Qalqalah
3.1.3    Mendiskripsikancara membunyikan hukum bacaan Qalqalah
3.1.4    Mengidentifikasi hukum bacaan  Qalqalah
3.1.5    Menyimpulkan cara membaca bacaan  Qolqolah

4.1.1 Mempraktekan bacaan Qolqolah
Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
Mengamati
·      Mengamati penggalan ayat yang mengandung hukum bacaan qalqalah
·      Menyimak bacaan ayat yang mengandung hokum bacaan qalqalah dengan baik dan benar
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik   mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan hukum bacaan qalqalah
· Secara berpasangan saling bertanya tentang bacaan qalqalah


Mengeksplorasi
·  Secara kelompok menggali informasi tentang pengertian hukum bacaan qalqalah, ketentuan hukum bacaan qalqalah dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
·  Mencari contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Al-Qur’an, khususnya Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
Mengasosiasi
·    Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang hukum bacaan qalqalah
·    Mengidentifikasi hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an.
·    Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasi
·    Mempresentasikan hokum bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
·    Menunjukkan contoh hukum bacaan qalqalahyang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an

4 TM
(8 x 40 Jam)

·   Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
·   Buku pegangan siswa Kemenag
·   Buku Pedoman Guru, Kemenag
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Akses Internet yang sesuai kebutuhan
·   Sumber lain yg menunjang


3.2    Memahami isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98)  tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه

4.2    Mendemonstrasikan sikap tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
3.2.1        Menterjemahkan surah  al-Kafirun
3.2.2        Menjelaskan kandungan  surah al-Bayyinah
3.2.3        Menterjemahkan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
3.2.4        Menjelaskan isi kandungan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a
3.2.5        Menyimpulkan hasil kajian ayat atau hadis




4.2.1  Mensimulasikan sikap tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
·     Ayat-ayat Al-Qur’an tentang toleransi
-       QS. al-Kafirun (109)
-        QS. al-Bayyinah (89)
·      Hadis – hadis tentang toleransi dalam berte-tangga:
-       Hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله يرهم لصاحبه وخير الجيران عند لله خيرهم لجاره
-          Hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه

Mengamati
·    Mengamati gambar, foto, tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan kerukunan dan keharmonisan di masyarakat

Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan ataupernyataan yang terkait dengan toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat
· Secara berpasanangan siswa saling bertanya tentang toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat

Mengexplorasi
·   Menggali informasi dari berbagai sumber tentang kandungan Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah.
·   Mencari informasi dari berbagai sumber tentang terjemahan kata dan isi kandungan hadis
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Asosiasi
·    Secara berkelompok mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Serta merumuskannya secara tertulis.
·    Mengidentifikasi sikap tasammuh yang sesuai dengan isikandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
·    Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.

Komunikasi
·    Mempresentasikan hasil pencarian informasi dan diskusi kelompok tentang isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
·    Memberikan tanggapan dari papararan tentang isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه

·    Menunjukkan contoh sikap tasammuh yang sesuai dengan isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Tugas
Membuat dan melaku-kan sosiodrama tentang sikap toleransi.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume


Portopolio
·    Membuat paparan tentang kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه




Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·      Tes lisan untuk hafalan ayat

Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri dan penilaian teman sejawat.

4 TM
(8 x 40 Jam)
































·   Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
·   Buku pegangan siswa Kemenag
·   Buku Pedoman Guru, Kemenag
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Akses Internet yang sesuai kebutuhan
·   Sumber lain yg menunjang














3.3. Memahami isi kan-dungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah

4.3 Mendemosntrasikan sikap istikomah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
3.3.1        Menjelaskan arti surah al-Lahab (111)
3.3.2        Mendiskripsikan isi kandungan surah al-Lahab (111)
3.3.3        Mengidentifikasi kandungan surah Nasr (110) problematika dakwah
3.3.4        Menyimpulkan isi ayat al-Qur’an atau hadis tentang dakwah
3.3.5        Mendiskripsikan sikap istiqomah Rasulullah dalam berdakwah
3.3.6        Mensimulasikan sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah

·        Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang problematika dakwah
-       QS. al-Lahab
-       QS. an-Nasr

Mengamati
·   Mengamati gambar atau tayangan atau kisah tentang problematika dan tangtangan dakwah.
·   Mencermati bacaan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).

Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru,   mengajukan pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait dengan tantangan dan problematika dakwah
·   Secara berpasangan  saling bertanya  terkait dengan tantangan dan problematika dakwah

Mengeksplorasi
·  Menggali informasi dari berbagai sumber tetang terjemahan kata dari Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·  Menggali informasi dari berbagai sumber tentang isi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·  Diskusi menyusun arti perkata
·  Secara berpasangan menghafalkan Q.S. al- Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·  Secara kelompok
Mengasosiasi
·   Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil terjemahan dari Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·   Mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dari beberapa sumber tentang isi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·   merumuskan hasil penggalian informasi tentang isi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·   Mengidentifikasi sikap istikomah Rasulullah SAW. dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S.al-Lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·   Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
·   Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·   Menanggapi paparan kandungan Q.S.al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
·   Menunjukkan contoh sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah.
Tugas
·      Membuat esai  terkait biografi tokoh-tokoh penentang dakwah
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·      Membuat paparan tentang kandungan Q.S. al-al-Lahab dan QS. an-Nashr
Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·      Tes Lisan hafalan Q.S. al-Lahab dan QS. an-Nasr



Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri dan penilaian teman sejawat.




3TM
(6 x 40 Jam)


·   Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
·   Buku pegangan siswa Kemenag
·   Buku Pedoman Guru, Kemenag
·   Gambar/ video/ multimedia interaktif
·   Akses Internet yang sesuai kebutuhan
·   Sumber lain yg menunjang



Mengetahui ;
Kepala Madrasah






PUJIANTO, S.Ag. M.Pd.I
NIP. 197705022003121004


Guru Pamong






Hj. Rifa'atul Mahmudah, S.Pd.I
NIP. ..................................
Kendal, 10 Februari 2015

Guru Praktikan






HIDAYATUL ROFI'AH
NIMKO. 2011.4.075.0001.5.01334












Tidak ada komentar:

Posting Komentar