Selasa, 31 Maret 2015

LAPORAN PPL 2015 STAIM MA'ARIF MAGETAN



LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di MTs SUNAN KALIJOGO Kendal
Desa Bandem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi





Oleh
NIMKO
Jurusan
Prodi
: HIDAYATUL ROFI’AH
: 2011.4.075.0001.5.01334
: Tarbiyah
: S-1 PAI



TAHUN AKADEMIK 2015
HALAMAN PERSETUJUAN :

Penyusunan laporan Praktek Pengalaman Lapangan ini telah disetujui oleh guru pamong pada :
            Hari                 : ........................................
            Tanggal           : ........................................



                                                                                   















Kendal, 13 Maret 2015

Mengetahui :
Kepala Madrasah





PUJIANTO, S.Ag. M.Pd.I
NIP. 197705022003121004


Guru Pamong ;





Hj. Rifa’atul Mahmudah, S.Pd.I




HALAMAN PENGESAHAN

Pada hari ini  ....................... tanggal ..........Maret 2015, Kami Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Mengesahkan Laporan Praktek Pengalaman Lapanan atas nama saudara :
NAMA            : HIDAYTUL ROFI’AH
NIMKO          : 2011.4.075.0001.5.01334
JURUSAN      : TARBIYAH
PRODI            : S-1 PAI



Pembimbing :
Nama :


Drs. SamsulHadi, M.Pd.
NIY.20010012



DPL
Tanda Tangan :


............................................

Mengetahui
Ketua LP3M STAIM MAGETAN


Dr. H. Nur Sujak, M.Pd.I.
NIY.20010019
KATA PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillahi rabbil ‘alamin kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan hidayah, nikmat serta karunianya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan PPL dengan baik dan. Sholawat salam sanantiasa terlimpah untuk junjungan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan umat di seluruh alam.
Hasil Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mulai tanggal 2 Februari 2015 sampai 13 Maret 2015 di MTs SUNAN KALIJOGO Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi ini tak lepas dari  bantuan, bimbingan dan motivasi dari berbagai fihak. Oleh karenanya pada kesempatan ini penulis menyampaikan penghargaan yang setinggi - tingginya dengan menghaturkan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada :
1.      Bapak Dr. H. SULHAN HAMID A. GHANI, M.Pd.selaku ketua STAI Ma’arif Magetan sebagai institusi yang memfasilitasi pelaksanaan  PPL.
2.      Bapak Dr. H. NUR SUJAK, M.Pd.I selaku Ketua LP3M yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan PPL ini.
3.      Bapak Drs. SAMSUL HADI, M.Pd. selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang telah membimbing dan mendampingi dalam pelaksanaan PPL ini.
4.      Bapak Drs. K.H. Muh. Sutoyo, M.Ag. selaku Ketua Yayasan SUNAN KALIJOGO Kendal.
5.      Bapak PUJIANTO, S.Ag. M.Pd.I selaku Kepala MTs SUNAN KALIJOGO Kendal, Ngawi yang telah memberi ijin dan kesempatan untuk pelaksanaan PPL.
6.      Bapak SYAIFUL ANWAR, S.Pd.selaku WaKa Kurikulum di MTs SUNAN KALIJOGO Kendal, Ngawi.
7.      Bapak K. SUMARYONO, S.Pd.I, Ibu Hj. RIFA’ATUL MAHMUDAH, S.Pd.I, Bapak MASKURUDIN, S.Ag., Ibu ENI YULIANTIN, S.Pd.I, Ibu RATNA PRIMIATI, S.Pd.I. dan Bapak MAKRUS ALI, S.Pd.I. selaku Guru Pamong Mata Pelajaran PAI yang telah berkenan dengan tekun dan penuh kesabaran membimbing dan memberi arahan dengan penuh keihklasan, rasa tanggung jawab dan kasih sayang yang luar biasa selama berlangsungnya PPL.
8.      Bapak dan Ibu Guru  beserta Staf Karyawan Tata Usaha dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, yang telah membimbing, mendorong, memberi nasehat, mengarahkan dan membantu kepada kami dalam pelaksanaan PPL, dan dalam prosespenyusunan laporan ini sehingga semua berjalan dengan baik dan lancar.
Semoga segala bentuk bantuan yang telah Bapak dan Ibu berikan kepada kami menjadi amal baik serta mendapat balasan dari Allah SWT. Amin. Mudah – mudahan tulisan ini dapat bermanfaat terutama bagi mahasiswa STAI Ma’arif Magetan khususnya dan bagi para pembaca umumnya.

Kendal, 13Maret 2015

Penyusun



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………
HALAMAN PERSETUJUAN………………………………………………..
HALAMAN PENGESAHAN………………………………………………..
KATA PENGANTAR ………………………………………….....................
DAFTAR ISI ………………………………………………………................
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………….
BAB I     :  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ..............…………………………............…………...
B.     Pengertian dan Ruang Lingkup PPL ....................................................
C.     Tujuan Pelaksanaan PPL ………………………............……………..
D.    Sasaran Pelaksanaan PPL .....................................................................
E.     Manfaat Pelaksanaan PPL ……………………............………………
BAB II PROFIL SEKOLAH
A.    Sejarah  Berdirinya Madrasah……………………............………..…
B.     Letak Geografis Madrasah..………………............……………….....
C.     Identitas Madrasah……………………....………………...................
D.    Visi dan Misi Madrasah……………………............………...............
E.     TujuanMadrasah………….……............……………….....................
F.      Sarana dan Prasarana Yang Dimiliki…………………….…...….......
G.    Fasilitas Yang Dimiliki……………………............………………....
H.    Kegiatan Extra Kurikuler……………………............….………........
1.      Extra Kurikuler Pramuka ...............................................................
2.      Extra Kurikuler Muhadhoroh .........................................................
3.      Extra Kurikuler PMR .....................................................................
I.       Profil Organisasi Intra Sekolah (OSIS)……………………............…
J.       Jumlah Siswa……………………............………………....................
K.    Data Prestasi……………………............……………….....................
L.     Data Penerimaan dan Kelulusan………….........…………........…….
1.      Grafik Penerimaan dan Kelulusan ..................................................
2.      Kohort .............................................................................................
M.   Data Identitas Guru dan Karyawan......................................................
N.    Data Guru dan Pegawai ...............................………………................
O.    Denah Tata Ruang MTs Sunan Kalijogo .............................................
P.      Struktur Organisasi……………………............………………...........
Q.    Susunan Komite……………………............………………...............
BAB III KONTRIBUSIMAHASISWA
  1. Kegiatan Intrakurikuler……………………............…………............
  2. Kegiatan Ekstrakurikuler……………………..................………...….
  3. Kegiatan Lainnya ……………………............………….....................
BAB IV PENUTUP
  1. Kesimpulan....................……………………............…………............
  2. Saran .....................................……………………................……...….

LAMPIRAN – LAMPIRAN ;
1.      Daftar Pengurus …………………….............………….......................
2.      Biodata Peserta PPL ……………………............………….................
3.      Buku Tamu……………………............……………….......................
4.      Lembar Bimbingan……………………............…………..................
5.      Daftar Hadir Peserta PPL……………………......……………….......
6.      Jurnal Kegiatan……………………............……………….................
7.      Kalender Pendidikan……………………............………………........
8.      Hari Efektif  .………………............……………….............................
9.      Jadwal Pelajaran……………………............………….......................
10.  Jadwal Mengajar……………………............………………..............
11.  Pembagian Tugas……………………............……………….............
12.  Absensi Siswa……………………............………………..................
13.  Jurnal Mengajar……………………............………………................
14.  Silabus……………………............………………..............................
15.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)……………………..........
16.  Lembar Penilaian Siswa ……………………............………………...
17.  Jadwal Ulangan Tengah Semester .......................................................
18.  Soal Tengah semester ……………………............……………….......
19.  Kunci Jawaban ……………………............……………….................
20.  Analisis ……………………............……………….............................
21.  Lembar Penilaian Mahasiswa ……………………...........………........
22.  Lembar Penilaian Sikap........……………………...........………........
23.  Prota ……………………................……………….............................
24.  Promes ……………………............….…………….............................
25.  Pedoman Penilaian ……………………............………………...........
26.  Dokumentasi Kegiatan ……………………............…………….........



BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Menyikapi berbagai perubahan kebijakan pemerintah, terkait dengan pendidikan, baik pendidikan langsung maupun tidak langsung, baik sebagai pengambil kebijakan maupun pelaksana kebijakan. Semua pihak hendaknya memiliki kesetaraan pemahaman tentang perubahan itu sendiri. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM)  Magetan sebagai institusi  (agent of change) selalu berbenah diri, baik berupa kebijakan yang mengacu pada peerbaikan institusi maupun kebijakan akademisi.
Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM) Magetan sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi serta kesenian yang bernafaskan islam, memiliki tanggung jawab besar dalam mewujudkan dan menyukseskan pembangunan nasional, terutama pembangunan dalam bidang agama, mental spiritual, kesejahteraan sosial dan pendidikan dengan tidak melupakan bidang lainnya.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu bentuk kegiatan,  yang  bermakna sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang sekaligus merupakan upaya perluasan akses, dalam membangun network sehingga Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif  (STAIM) Magetan diharapkan makin dikenal masyarakat luas yang pada gilirannya eksistensi Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM)  Magetan semakin kuat diakui oleh masyarakat.
Lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM)  Magetan di harapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi yang diperoleh selama belajar dalam perkuliahan dan menjadi agen pembaharuan dan (agent of change) perubahan dimasyarakat. Di samping itu juga diharapkan mampu menjadi pioner dan leader dalam perubahan masyarakat menuju masyarakat madani yang informatif dan komunikatif.
Oleh karena itu dalam proses pembentukan mahasiswa menjadi figur yang ideal seperti yang diharapkan diatas sangat perlu adanya perubahan. Perubahan itu kemudian tidak hanya sekedar pada tataran jargon tetapi mengarah pada penguatan kualitas. Salah satu penguatan kualitas terletak pada kemamapuan mahasiswa dalam melakukan transformasi ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi kepada masyarakat, berupa proses belajar mengajar dengan pendekatan kurikulum yang berlaku saat ini.
B.     PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PPL
1.      Pengertian PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (LPP) merupakan kegiatan akademik yang dilaksanakan
2.      Ruang Lingkup PPL
Ruang lingkup PPL mencakup tiga bidang, yaitu ;
  1. Praktek belajar mengajar, yakni melaksanakan pembelajaaran di sekolah/madrasah, dan jika mungkin memberikan bantuan serta pembenahan dalam menegemen kelembagaan.
  2. Penelitian, yakni mengadakan pendataan tentang berbagai problem bidang pendidikan, baik yang terdapat lingkungan pembelajaran intrkurikuler maupun extrakurikuler.
  3. Pengabdian kepada lembaga pendidikan, yakni melakukan kegiatan yang diarahkan pada peningkatan menegerial, kwalitas kehidupan keagamaan dalam proses pembelajaran dalam institusi pendidikan.
C.    TUJUAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan ekstra akademik yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang disusun atas dasar visi dan misi yang terdapat dalam tujuan Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif  (STAIM) Magetan dengan jangka waktu yang ditetapkan, dengan prinsip belajar berkelanjutan yang memberikan makna langsung bagi mahasiswa dan masyarakat pendidikan khususnya.
Visi dan Misi Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan adalah sebagai berikut :
  1. Visi STAIM Magetan
Sebagai lembaga pendidikan tinggi islam, melalui pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mampu melahirkan sarjana yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pembangunan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan islam berhaluan ahlusunnah waljamaah serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat.
  1. Misi STAIM Magetan
a.       Mengantarkan mahasiswa memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan prifesional.
b.      Memberikan pelayanan dan penghargaan kepada penggali ilmu pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya bernafaskan islam.
c.       Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.
d.      Menjunjung tinggi, mengamalkan dan memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai - nilai islam ala ahlusunnah waljamaah dan budaya luhur bangsa Indonesia.
D.    SASARAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
Sasaran Praktek Pengalaman Lapamgan (PPL) adalah lembaga atau institusi yang ada di lingkungan Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi Kabupaten dan Kota Madiun dan atau kabupaten/kota disekitar kampus STAIM Magetan. Penetapan sasaran ini berdasarkan pertimbangan :
  1. STAI Ma’arif Magetan sebagai lembaga pendidikan tinggi, mempunyai tanggung jawab moral akuntability moralitas untuk ikut serta memajukan lembaga - lembaga pendidikan di sekitarnya.
  2. STAI Ma’arif Magetan sebagai lembaga yang memiliki empaty dan loyality terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat perlu membangun komunikasi yang mantap dengan pengelola lembaga profesi, pimpinan / pejabat setempat, tokoh - tokoh masyarakat dan utamanya tokoh - tokoh pendidikan.
E.     MANFA’AT PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
1.      Bagi STAI Ma’arif
a.       Memperoleh informasi secara kongrit tentang kondisi objektif lembaga profesi dan institusi pendidikan terkait serta sosial keagamaan yang menjadi sasaran PPL.
b.      Memperluas networking dengan lembaga – lembaga pendidikan yang ada di sekitar kampus STAI Ma’arif Magetan.
c.       Memperoleh umpan balik (feed back) dari pengalaman mahasiswa praktikan terhadap perkembangan kependidikan di lapangan bagi penyesuaian dan pengembangan program akademik STAI Ma’arif.
d.      Dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan berbagai pemikiran pengembangan kelembagaan profesi pada tataran praktis operasional.
e.       Dapat melatih mahasiswa dalam mengembangkan cara berfikir interdisipliner.
f.       Dapat meningkatkan usaha pemberdayaan kelembagaan profesi dan kualitas sumber daya manusia.
2.      Bagi Pemerintah dan Masyarakat
a.       Memperoleh kontribusi pemikiran dan paradigma baru yang dapat digunakan dalam pengembangan lembaga pendidikan.
b.      Memperoleh sumbangan nyata dalam berpartisipasi aktif dalam upaya meningkatkan kualitas belajar mengajar.
c.       Membantu upaya pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.
3.      Bagi Mahasiswa
a.       Memperoleh kesempatan mengaplikasikan daan mengimplementasikan konsep - konsep yang diperoleh dalam perkuliahan terhadap masyarakat pendidikan.
b.      Memperoleh kesempatan secara akuntabel dalam mengatasi masalah - masalah yang berkembang dimasyarakat pendidikan.
c.       Membangun sensitifitas sosial mahasiswa terhadap situasi yang dinamis seiring dengan nafas perubahan dalam dunia pendidikan.
d.      Melatih mengorganisasi ide, membangun konsep dan menyusun redaksi yang dapat dipertanggung jawabkan dan kemudian disusun dalam sebuah laporan.



BAB II
PROFIL MADRASAH
A.    SEJARAH BERDIRINYA MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL
Dusun Bandem adalah sebuah dusun yang terletak di Desa Kendal Kec. Kendal, Kab. Ngawi persisnya di kaki gunung Lawu. Masyarakat di dusun ini dalam berbagai bidang utamanya di bidang pendidikan dan agama masih jauh tertinggal dari dusun – dusun di sekitarnya. Salah satu penyebab keterbelakangan Dusun Bandem di antaranya adalah minimnya ‘ Human Resources’ yang dimiliki, sehingga tidak mustahil apabila sering terjadi penipuan ataupun pembodohan terhadap masyarakat Bandem.
Berangkat dari kondisi dan kultur seperti ini salah satu tokoh masyarakat yang bernama H. Muh. Sutoyo, M.Ag, putra dari H. Kusnan merasa tergugah ingin memperbaiki nasib masyarakat Bandem yang notabene sebagai bumi kelahirannya. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengangkat dua problema sekaligus yakni bidang keagamaan dan pendidikan. Dengan berbekal dua bidang tersebut terdapat secercah harapan bahwa Bandem akan menuju ke arah yang lebih baik.
Atas restu dari H. Kusnan sebagai orang tuanya, H. Muh. Sutoyo, M.Ag. bersama kakaknya H. Nur Aschijak, S.Ag merintis Lembaga Pendidikan Informal Taman Pendidikan Al Qur’an yang dalam fase pertama respon masyarakat cukup menggembirakan. Hal tersebut dibuktikan dengan santri perdana mencapai 40 anak. Melihat respon dan geliat masyarakat yang mulai tumbuh maka muncul ‘ghiroh’ untuk melangkah lebih jauh dengan mendirikan Lembaga Pendidikan formal.
Pada bulan Juli tahun 1993 didirikan Madrasah Tsanawiyah sebagai wahana pendidikan Formal. Bersama tokoh masyarakat lain diantaranya K. Sumaryono dan KH. Ma’ruf, H. Muh. Sutoyo, M.Ag mulai berkerja ekstra keras untuk mewujudkan impiannya. Sebagai lembaga baru yang belum sarat pengalaman, lembaga ini berafiliasi dengan Yayasan Fathul Ulum Madiun yang dipimpin oleh Drs. H. Mudzakir, pimpinan yayasan inilah yang selalu memberikan pembinaan sekaligus bimbingan, sementara di sisi administrasi dibantu oleh seorang administrator senior bernama Drs. Samiyono yang juga berasal dari Madiun.
Perkembangan selanjutnya dalam tahun pertama setelah melakukan istikhoroh dan musyawarah dengan para tokoh pada akhirnya dimufakati nama lembaga MTs. SUNAN KALIJOGO. Hal tersebut terinspirasi dan berfilosofi terhadap perjuangan salah satu wali di tanah Jawa yakni Sunan Kalijogo agar masyarakat dapat berkonotasi bahwa paradigma lembaga ini dengan budaya lemah lembut, sopan santun, unggul dalam pekerti, ibarat tidak mengeruhkan air ketika mengambil ikan, sebagaimana maqolah dari Imam Ghozali :
Mempertahankan sesuatu lama yang bagus dan mengambil sesuatu baru yang lebih bagus”
Secara kuantitas di tahun  perdana ini cukup memuaskan karena mendapat murid sejumlah 25 anak. Fasilitas yang diberikan kepada para murid pada masa permulaannya adalah diberikan seragam tanpa dipungut biaya sampai lulus. Selanjutnya sehubungan dengan perkembangan murid yang cukup signifikan maka timbul niatan untuk membangun gedung sebagai tempat kegiatan belajar mengajar karena prosesi KBM masih di perumahan penduduk dengan transaksi pinjam pakai.Tokoh yang bertugas mengisi KBM harian dengan segala suka dukanya yakni saudara Muslimin dari Ngijo Kendal. Dalam pembangunan gedung ini bertempat di lahan seluas ± 192 m2 milik H. Kusnan yang diwakafkan kepada Madrasah, sementara dalam hal mobilisasi massa diamanahkan kepada K. Sumaryono.
Perjalanan Madrasah mengalami dinamisasi, seiring dengan berdirinya Madrasah terdapat beberapa kendala diantaranya masalah yang terkait dengan keterbenturan secara finansial dan pihak – pihak yang tidak menginginkan Madrasah ini dapat exis, salah satunya harus menghadapi fitnahan, rongrongan bahkan tidak jarang yang berupa intimidasi. Dengan wasilah rahmat Alloh Yang Maha Kuasa dan keuletan, ketabahan, keikhlasan para tokoh, muasis serta Asatidz MTs. Sunan Kalijogo dari masa ke masa mengalami kemajuan yang cukup fantastis. Semoga Madrasah ini dapat menunjukkan jati dirinya dengan sebuah perspektif masa depan yang cemerlang, sehingga bermanfaat bagi Agama, Nusa dan Bangsa serta menjadikan amal jariyah bagi pendiri, asatidz dan masyarakat.
Adapun Kepala Madrasah yang pertama adalah H. Muh. Sutoyo, M.Ag. selama satu tahun, kemudian estafet dilanjutkan oleh Isa Ansori, S.Ag. selama 14 tahun. Kemudian pada tanggal 18 Juli 2007 tonggak kepemimpinan diamanahkan kepada Pujianto, S.Ag. M.Pd.I seorang kader lokal yang telah dibesarkan MTs Sunan Kalijogo dan dilantik oleh Kantor Departemen Agama Kabupaten Ngawi sampai sekarang.     
B.     LETAK GEOGRAFIS MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL
Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo berlokasi di Dusun Bandem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dikelilingi SDN, MIN serta MI swasta antara lain :
  1. Sebelah Timur :
a.       Madrasah Ibtidaiyah Nageri ( MIN ) Bandem.
b.      Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Jeruk Gulung.
c.       Sekolah Dasar Negeri Patalan 1.
d.      Sekolah Dasar Negeri Patalan 2.
e.       Sekolah Dasar Negeri Patalan 4
  1. Sebelah Barat
a.       Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Ngijo Kendal.
b.      Madrasah Tsanawiyah Al Barokah Ngijo.
c.       Madrasah Aliyah Al Barokah Ngijo.
d.      Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ngijo.
e.       Sekolah Dasar Negeri Kendal 1.
f.       Sekolah Dasar Negeri Patalan 3.  
  1. Sebelah Utara
a.       Madrasah Ibtidaiyah Playaran.
b.      Madrasah Ibtidaiyah Ngrancang.
c.       Sekolah Dasar Negeri Dadapan 1.
d.      Sekolah Dasar Negeri Patalan 2.
e.       Pondok Pesantren Al  Ma’arif Playaran
4.      Sebelah Selatan
a.       Sekolah Dasar Negeri Kendal 2.
b.      Sekolah Dasar Negeri Majasem 4.
c.       Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Tegalrejo.
d.      Madrasah Aliyah Tegalrejo.
e.       Madrasah Tsanawiyah Sondriyan.
f.       Madrasah Aliyah Sondriyan.
g.      Pondok Pesantren Al Hidayah Sondriyan
Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo dibangun di atas tanah yang luasnya 1.500 m² dengan rincian  sebagai berikut ; luas tanah terbangun 400 m², halaman 100 m², lapangan 400 m² dan tanah kosong lainya siap untuk dibangun seluas 500 m². Adapun status tanah adalah milik sendiri dan bersertifikat sah dari pemerintah Kabupaten Ngawi.
C.    IDENTITAS MADRASAH
1.      Nama Madrasah
2.      Alamat Madrasah

3.      Telp.
4.      Nama Yayasan
5.      Status Madrasah
6.      SK Akreditasi
  1. Nomor
  2. Tanggal
7.      NSM
8.      Tahun Berdiri
9.      Nama Kepala Madrasah
  1. Pendidikan terakhir
  2. Prodi/Konsentrasi
:
:

:
:
:

:
:
:
:
: :
:
Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo.
Desa Bandem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
(0351) 7040164
Yayasan Pendidikan Islam Sunan Kalijogo.
Diakui.

B / Wm / MTs / 373 / 1999
14 Januari 1999
12123521012
1993
Pujianto, S.Ag. M.Pd.I
Strata 2 ( S 2 )
Studi Islam / PAI
D.    VISI DAN MISI
Adapun Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut ;
1.      VISI :
Terciptanya generasi yang unggul dalam pekerti terdepan dalam prestasi.”
2.      MISI :
a.  Memberikan pemahaman ajaran Agama secara inklusif, kontekstual dan holystic ala ahlu as sunnah wa al jamaah.
b. Menumbuhkembangkan ghiroh kepada civitas dan anak didik dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif serta membekali murid dengan materi ajar yang bersifat live skiil.
E.     TUJUAN MADRASAH
1.    Menjadikan madrasah sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa dengan berlandaskan iman dan akhlaqul karimah dan memiliki wawasan keilmuan yang tinggi.
2.    Menjadikan madrasah sebagai lingkungan pendidikan yang berkualitas guna mendukung program pemerintah dalam wajib belajar 12 tahun.
3.    Menjadikan murid madrasah sebagai anak bangsa yang berkualitas dalam prestasi dan berakhlaqul karimah berdasarkan nilai – nilai Islami.
F.     SARANA DAN PRASARANA YANG DIMILIKI
Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo adalah sebagai berikut ;
No
Jenis Ruangan
Jumlah
Kondisi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Kantor Madrasah
Ruang Kelas
Ruang Perpustakaan
Ruang TU
Ruang Kepala Madrasah
Ruang Guru
Ruang Lab. Komputer
Ruang UKS
Ruang Gudang
Ruang Dapur
Ruang Tamu
Kamar Mandi/WC
1
6
1
1
1
1
1
1
1
1
1
4
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Rusak
Baik
Rusak
G.    FASILITAS YANG DIMILIKI
  1. Gedung milik sendiri
  2. Lapangan
  3. Mushola
  4. Perpustakaan
  5. LAB IPA
  6. WiFi Hotspot
  7. Ruang Hijau
H.    KEGIATAN EXTRA KURIKULER
  1. Kegiatan Ekstra Kurikuler ”Kepramukaan.”
a.      Latar Belakang
Gerakan Pramuka, merupakan sala satu kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki visi, misi, arah, tujan dan strategi yang jelas. Jenis kegiatan pengembangan pada setiap satuan sekolah mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi jelas tertuang dalam Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Gerakan Pramuka mendidik kaum muda Indonesia dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar menjadi manusia Indonesia yang lebih baik, dan anggota masyarakat Indonesia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.
Prinsip dasar kepramukaan sebagai norma hidup sebagai anggota Gerakan Pramuka, ditanamkan dan ditumbuhkembangkan kepada setiap peserta didik melalui proses penghayatan oleh dan untuk diri pribadi dengan bantuan para Pembina, sehingga pelaksanaan dan pengalamannya dapat dilakukan dengan inisiatif sendiri, penuh kesadaran, kemandirian, kepedulian, tanggungjawab serta keterikatan moral, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.Pendidikan kepramukaan merupakan proses belajar mandiri yang progresif bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya, meliputi aspek mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik, baik bagi individu maupun sebagai anggota masyarakat maka dibutuhkan suatu Metoda /ketentuan khusus yang kita sebut Metoda Kepramukaan.
Metode Kepramukaan pada hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari Prinsip Dasar Kepramukaan yang keterkaitanya keduanya terletak pada pelaksanaan Kode Kehormatan Pramuka. PDK (Prinsip Dasar Kepramukaan) dan MK (Metode Kepramukaan ) harus dilaksanakan secara terpadu, keduanya harus berjalan seimbang dan saling melengkapi. Setiap unsur pada Metode Kepramukaan merupakan subsistem tersendiri yang memiliki fungsi pendidikan spesifik, yang secara bersama-sama dan keseluruhan saling memperkuat dan menunjang tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan.
Oleh karenanya untuk mengakomodir serta mengupayakan peningkatan kuantitas peserta didik dengan tidak meninggalkan usaha-usaha peningkatan kualitas pembinaan SDM, leadership, serta skill pada anggotanya. MTs Sunan Kalijogo mengadakan kegaiatan rutin setiap hari jum’at pukul 13.00 – 15.30 WIB. Dengan agenda latihan rutin, seperti LBB, tali temali, SKU dll.
b.      Landasan
1.      Keputusan Presiden RI Nomor 104 Tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
2.      Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 086 Tahun 2005 Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
3.      Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 Tahun 1987 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus depan Gerakan Pramuka.
c.       Tujuan
1.      Menghimpun peserta didik yaitu Pramuka Penggalang dalam kegiatan yang terpola agar mudah dibina dan dikelola.
2.      Melatih dan membinaan Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada peningkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi pribadi mandiri.
3.      Meningkatkan kedisiplinan, kesadaran dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Meningkatkan rasa tanggung jawab dan membangun kerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka.
d.       Visi dan Misi
v  Visi :
“BERKUALITAS, BERMARTABAT DAN BERDAYAGUNA”
Untuk mewujudkannya, kepramukaan menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut.
v  Misi :
·         Meningkatkan semangat untuk menambah wawasan.
·         Meningkatkan  ilmu kepramukaan.
·         Membentuk pribadi yang bermartabat.
·         Membentuk kepribadian yang luhur
e.       Susunan Pengurus dan Dewan Pembina
Struktur Organisasi Gerakan Pramuka
Gugus Depan MTs Sunan Kalijogo Kendal Masa bhakti 2014/2015
Pelindung
:
Pujianto, S.Ag. M.Pd.I.

Pembina
:
Syaiful Anwar, S.Pd.

DKP                               :
Ketua I
Ketua II
:
:
Nanik S.
Dea Yogi R.

Sekretaris
:
Sri Rahayu

Bendahara
:
Meida Dwi S.

Koorbid P3K
:
M. Tantowi Siti
Mia Arum S.

Koorbid Teks Pramuka
:
Syaumi Qodariyah
Uswatun Hasanah

Koorbid Penaksiran
:
M. Tantowi Siti
Mia Arum S.

Koorbid Simaphore
:
Dika Adji A.
Nena Fitrohtul W.

Koorbid Tali Temali
:
Temi Andin P.
Sugeng Irawan

Koorbid Kompas
:
Lutfi Sabi’ul
Suci Rachmawati

Koorbid LBB
:
Mukhlis Ariyadi
Iis Triani

Koorbid KIM
:
Dimas Altafa
Ricky Rohmadin
Ahmad Rifa’i

Anggota
:





1.      Eva Kumalasari
2.      Iis Triani
3.      Uswatun Hasanah
4.      Syaumi Qodariyah
5.      Suci Rachmawati
6.      Mia Arum Sari
7.      Nena Fitrohtul W.
8.      Mukhlis Ariyadi
9.      Ricky Rohmadin
10.    Reza Tantowi Yahya
11.    Lutfi Sabilil Huda
12.    Temi Andin Prasetyo
13.    Sugeng Irawan
14.    Dimas Altafa
15.    Muhammad Tantowi S.
16.    Dika Aji A.
17.    Ahmad Rifa’i








f.       Program Kerja
SASARAN
PROGRAM KERJA
BULAN
KET
1.   Mengatur, mengendalikan dan memonitor tugas sehari-hari anggota Dewan Kerja Penggalang.
2.   Mengatur dan mengendalikan mekanisme yang berkaitan dengan penugasan seluruh anggota Dewan Kerja Penggalang dan ruang lingkup tugasnya
3.   Menyempurnakan sistem dan mekanisme kerja Dewan Penggalang.
4.   Melakukan fungsi pembinaan terhadap anggota Dewan Kerja Penggalang baik secara intern maupun ekstern.
·   Penerimaan kenaikan golongan Siaga Ke Golongan Penggalang
·   Latihan SKU Penggalang Ramu
·   Ujian SKU Penggalang Ramu
·   Pelantikan Penggalang Ramu
·   Latihan SKU Penggalang Rakit
·   Ujian SKU Penggalang Rakit
·   Kenaikan Tingkat PenggalangRamu ke Penggalang Rakit
·   Latihan SKU Penggalang Terap
·   Ujian SKU Penggalang Terap
·   Kenaikan Tingkat Penggalang Rakit ke Penggalang Terap
Agustus
s.d
Desember

5.   Publikasi dan informasi kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang.
6.   Setahun sekali mengadakan kegiatan yang bersifat positif, kreatif dan inovatif
7.   Terciptanya konsep kegiatan yang bervariasi bagi Dewan Penggalang.
·   Persami
·   Bhakti Masyarakat
Januari
s.d
Februari

8.  Ikut berpartisipasi dalam setiap perlombaan kepramukaan ditingkat Kwarcab.
Lomba Tingkat
Kegiatan lainnya........
Agustus
s.d
Februari


  1. Kegiatan Ekstra Kurikuler ”Muhadhoroh.”
a.      Latar Belakang
Kegiatan Ekstra Kurikuler Muhadhoroh adalah sebuah bentuk kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal atau dalam bentuk pidato dan biasanya dibawakan oleh seorang siswa dengan materi yang dipersiapkan khusus sesuai tema tertentu, atau sesuai dengan kemampuan siswanya.
Kegiatan muhadhoroh ini dikemas seolah sebuah tabliqh seremoni, ada yang berperan sebagai MC atau pembawa acara, adapula yang menjadi Qori’ dan Saritilawah, serta sambutan-sambutan oleh ketua piket hari itu dan lain sebagainya.
 Setelah rangkaian acara selesai kemudian ditutup oleh MC, para guru pembina yang bertugas memberikan, penilaian, komentar, kritik, pujian dan motivasi agar peserta tidak mengulangi kesalahan dan menjadi yang lebih baik lagi dikemudian hari. Kegiatan ini menargetkan agar siswa mampu tampil percaya diri berorasi didepan khalayak, tapi bagi mereka yang belum percaya diri, maka disinilah wadahnya untuk sebanyak-banyak melakukan kesalahan ucap, malu, kaku, tegang, gemetar dan lain-lain. Kelak setelah mereka SLTA atau Mahasiswa, bisa dipastikan menjadi sosok Orator Ulung yang sudah piawai atau bahkan handal dalam berorasi ataupun berpidato.
Kegiatan Muhadhoroh dilaksankan setiap hari Kamis, yang mulai pada pukul 14.00 – 15.30 Wib. Atau setelah jam pelajaran usai, dan tempatnya dilaksanakan di dalam kelasnya masing masing.
Adapun petugas muhadhoroh dilaksanakan sesuai dengan jadwal. Dalam kegiatan muhadharoh ini pihak sekolah memprioritaskan siswa - siswinya yang mendapat giliran untuk berpidato di hadapan siswa lainya, dengan harapan siswa mampu belajar dan memberanikan diri berbicara didepan orang banyak.
Dalam pelaksanaanya kelas yang mendapatkan giliran bertugas dibina dan didampingi oleh guru pendamping yaitu ; Bapak Mahkrus Ali, S.Pd.I.  sebagai pembina untuk kelas 8 A, dan Ibu Eny Yuliatin, S.Pd.I. sebagai pembina kelas 8 B. Para siswa diberi kelonggaran waktu agar siswa dapat mempersiapan materi dan segala keperluan untuk kegiatan muhadhoroh tersebut. 
b.      Tujuan
Tujuan muhadhoroh ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan melatih siswa-siswi dalam meningkatkan mutu pembelajaran non akademik, utamanya melatih kemampuan siswa dalam berpidato dan berbicara di hadapan orang banyak.
Salah satu wadah pembinaan peserta didik di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam peserta didik dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya.
  1. Kegiatan Ekstra Kurikuler ”Palang Merah Remaja (PMR).”
a.      Latar Belakang
Palang Merah Remaja atau PMR merupakan organisasi sosial kemanusiaan yang berada di bawah naungan Palang Merah Indonesia. PMI sendiri membentuk organisasi PMR secara resmi pada tahun 1953 dengan tujuan utama untuk menyiapkan kader-kader handal PMI.
Kegiatan Ekstra PMR merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTs Sunan Kalijogo Kendal. Di mana kegiatan ekstra ini memfokuskan pada materi-materi Kesehatan, Pertolongan Pertama (PP), Penanggulangan Pada Gawan Darurat (PPGD) dan bidang sosial.
Melalui kegiatan ekstra PMR ini siswa-siswi yang memiliki hobi, cita-cita menjadi petugas kesehatan dan berminat menjadi relawan, dapat menyalurkan minat-bakat mereka tersebut, karena selain menerima materi, para siswa-siswi juga bisa—langsung—praktek di sekolah.
Selaku petugas kesehatan di sekolah mereka adalah Kader Kesehatan Remaja dan Kader Relawan yang harus selalu berlatih dan mengasah keahliannya dalam wadah kegiatan ekstra PMR.
b.      Tujuan
Tujuan bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstra PMR ini meliputi:
1)      Penguatan kualitas siswa (anggota PMR) dan pembentukan karakter.
2)      Anggota PMR dapat mengenal berbagai macam obat-obatan (yang harus dan tidak harus menggunakan resep dokter) dan peralatan medis lainnya.
3)      Anggota PMR mampu memberikan Pertolongan Pertama pada orang lain yang memerlukan Penanganan Medis Dasar (Darurat Medis).
4)      Anggota PMR mampu berorganisasi dengan baik.
5)      Anggota PMR dapat membantu meringankan tugas Bapak atau Ibu Guru, karena penanganan siswa yang sakit di sekolah bisa dilakukan oleh anggota PMR dari siswa sendiri.
6)      Anggota PMR dapat meningkatkan Keterampilan dan Kedisiplinan, serta Ketulusan dan Kejujuran melalui kegiatan ekstra PMR ini.
7)      Anggota PMR sebagai contoh dalam berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya.
8)      Anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat.
9)      Anggota PMR sebagai pendidik remaja sebaya.
10)  Anggota PMR adalah calon relawan masa depan.
c.       Visi dan Misi
1)      Visi
“Terwujudnya PMR sebagai unit kegiatan siswa yang professional tanggap dan dicintai siswa”
2)      Misi
a)      Menguatkan dan mengembangkan organisasi.
b)       Meningkatkan kualitas (pengurus, anggota PMR dan relawan).
c)      Mengembangkan kegiatan kepalangmerahan yang berbasis masyarakat.
d)     Mengembangkan komunikasi informasi dan Edukasi  kepalangmerahan.
d.      Susunan Pengurus dan Dewan Pembina
Struktur Kepengurusan PMR
MTs Sunan Kalijogo masa bhakti 2014/2015
Pelindung
:
Pujianto, S.Ag. M.Pd.I.

Pembina
:
:
Syaiful Anwar, S.Pd.
Sukamti, S.Pd.

Ketua I
Ketua II
:
:
M. Zainul G.
Munirul I.

Sekretaris
:
Sabella D.A.

Bendahara
:
Avida A.

PP
:
Hari Purwanto

PK
:
Eka Dwi S.

Anggota
:
1.      Arum Hasanah
2.      Siti Hanik M.
3.      Fitri Wulansari
4.      Eka Suprapti
5.      Eka Riyanti
6.      Vita Heni W.
7.      Rika Kurnianingsih
8.      Lestari
9.      Ulfa Mujannah
10.    Sulis Tiana
11.    Yuli Rahma W.
12.    Aji Wahyu W.
13.    Toni Setiawan
14.    Angga A.
15.    Fendi Pratama
16.    Syamsul F.
17.    Arif Mustakim
e.       Program Kerja PMR
Program Kerja adalah suatu susunan sistematik kegiatan yang akan dilakukan oleh Pengurus  PMR MTs SUKA Kendal Masa Bhakti 2014 – 2015.
1)      Jangka Pendek
·         Latihan Unit : Merupakan kegiatan Membina Calon maupun Anggota PMR MTs SUKA Kendal secara rutin seminggu sekali pada hari Senin, mulai pukul 14.00 – 15.30 WIB.
·          Rapat Koordinasi: Merupakan kegiatan evaluasi rutin setiap satu bulan satu kali pada minggu kedua.
2)      Jangka Menengah
·         Bakti Sosial : Merupakan kegiatan Bakti Sosial setiap empat bulan satu kali atau pada saat darurat bencana.
·         Evaluasi Latihan: Merupakan membantu PMR MTs SUKA Kendal mengikuti dan mengevaluasi hasil latihan di kegiatan rutin perlombaan yang diadakan oleh PMI atau PMR di lingkup Kecamatan Kendal.
·         Kegiatan Variatif : Kegiatan ini berbentuk refreshing seperti Heaking, Tea Party, Lintas alam dan lain sebagainya diluar aktivitas yang berhubungan dengan PMR maupun kegiatan formil lainnya.
3)      Jangka Panjang
·         Masa Penerimaan Calon Anggota Maupun Calon Pengurus : Diadakan setiap setahun sekali setelah kelulusan anggota PMR MTs SUKA Kendal.
·         Musyawarah Pertanggung Jawaban (MUPER) : Diadakan setiap setahun sekali atau selesai Masa Bakti Pengurus berupa sidang pleno yang mempertangung jawabkan kepengurusan kepada Majelis Permusyawaratan Anggota.
I.       PROFIL ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL, NGAWI. Masa  Bhakti 2014/2015
  1. Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan tidak lepas dari proses pendidikan dan pengajaran bagi para siswanya dibidang keorganisasian, karena dengan melatih para siswa untuk berorganisasi maka dapat memenuhi dan mengetahui hidup dalam suatu perkumpulan dalam mewujudkan kemajuan bersama – sama dengan berazazkan “Kebersamaan dan musyawarah untuk mufakat”.
Demikian juga OSIS di MTs Sunan Kalijogo Kendal yang berusaha mendidik para siswanya untuk membentuk pribadi yang memiliki rasa tanggung jawab yang kuat, serta memiliki kepribadian dan jiwa leadership yang mampu membawa kemajuan dan peningkatan dari organisasi tersebut, saling bekerjasama dan gotong royong demi untuk kemajuan sekolah.
  1. Tujuan
Adapun tujuan OSIS MTs Sunan Kalijogo adalah sebagai berikut ;
a.  Membentuk kepribadian siswa yang berkwalitas dan bertangung jawab.
b.  Meningkatkan kwalitas sekolah dan siswanya.
c.  Membentuk pemimpin yang memiliki akhlak dan budi pekerti luhur.
d. Sebagai ajang bagi siswa dalam menyalurkan aspirasinya.
  1. Visi dan Misi OSIS MTs Sunan Kalijogo adalah sebagai berikut ;
a.       Visi ;
“ Meningkatkan kwalitas siswa dan kwalitas Madrasah “
b.      Misi ;
“ Membentuk jiwa kepemimpinan yang beerkarakter, bertanggung jawab, mandiri dan pantang menyerah.”
  1. Susunan Dewan Pembina dan Pengurus OSIS MTs Sunan Kalijogo masa bakti 2014 – 2015
a.       Pelindung
b.      Pembina
c.       Ketua I
d.      Ketua II
e.       Sekretaris I
f.       Sekretaris II
g.      Bendahara I
h.      Bendahara II
i.        Seksi – seksi
:
:
:
:
:
:
:
:
:
Pujianto, S.Ag. M.Pd.I. (Kamad)
Sugianto, S.Pd. (Waka Kesiswaan)
Eva Kumalasari
Muchlis Ariyadi
Sri Wahyuni
Dita Kharisma
Suci Rahayu
Salma Hidayatun

1)      PHBN

:
1.      Febri Dimas P.
2.      Iis Triani
3.      Wahyu Setya N.
4.      Dimas Ferdian
2)      Olah Raga
:
5.      Nanik Setyowati
6.      Nena Fitrohtul
7.      Clarina
3)      Keamanan

:
8.      Dea Yogi R.
9.      Dika Adji A.
10.  Lana Dwi N.
11.  Delfionaldy G.
4)      Mading

:
12.  Suci Rachmawati
13.  Indar Royani
14.  Delfialdy G.
5)      Kebersihan

:
15.  Meida Dwi S.
16.  Uswatun Hasanah
17.  Vivi Mei R.

6)      Keagamaan

:
18.  Ahmad Rifa’i
19.  Santy Martina
20.  Khoirul Anam

7)      Penghijauan

:
21.  Suprapto
22.  Gustina Sri R.
23.  Arba’atun R.

8)      Sarana Prasarana
:

24.  Ricky Rohmadin
25.  Nafistul Muna
26.  Alfian Khairofi
  1. Janji Pengurus OSIS
JANJI PENGURUS OSIS MTs SUNAN KALIJOGO
MASA BHAKTI 2014/2015
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami Pengurus OSIS MTs Sunan Kalijogo Kendal, Masa Bhakti 2014/2015 berjanji :
1)      Kami sanggup menjalankan tugas dan tanggung jawab kami, sebagai Pengurus OSIS dengan penuh pengabdian dan rasa tanggung jawab.
2)      Kami sanggup membagi waktu untuk tugas-tugas utama kami sebagai siswa maupun untuk tugas-tugas kami sebagai pengurus.
3)      Kami sanggup menjunjung tinggi dan menegakkan tata tertib Madrasah  serta menjadi suritauladan bagi teman-teman kami, baik dalam kehidupan di Madrasah  maupun kehidupan diluar Madrasah.


  1. Kewajiban Pengurus OSIS
a.       Menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga OSIS;
b.      Selalu menjunjung tinggi nama baik, kehormatan, dan martabat sekolahnya;
c.       Kepimpinan pengurus OSIS bersifat kolektif;
d.      Menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya;
e.       Selalu berkonsultasi dengan pembina.
7.       Tugas Pokok Pengurus OSIS
a.       Ketua
·         Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana
·         Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan dirancang oleh aparat kepengurusan
·         Memimpin rapat (satu bulan sekali)
·         Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat
·         Bertanggungjawab atas tertib organisasi
e.       Sekretaris
·        Memberi saran atau masukan kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan
·        Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat
·        Menyiapkan, mendistribusikan dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan
·        Menyiapkan laporan, surat, hasil rapat dan evaluasi kegiatan
·        Bersama ketua menandatangani setiap surat
·        Bertanggungjawab atas tertib administrasi organisasi
·        Bertidak sebagai notulis dalam rapat atau diserahkan kepada wakil sekertaris
f.       Bendahara
·         Bertanggungjawab dan mengetahui segala pemasukan atau pengeluaran uang atau biaya yang diperlukan
·         Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan atau pengeluaran uang untuk pertanggungjawaban
·         Bertanggungjawab atas inventaris dan perbendaharaan
·         Menyampaikan laporan keuangan secara berkala
g.      Ketua Seksi
·     Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan seksi yang menjadi tanggung jawabnya
·     Melaksanakan kegiatan seksi yang telah diprogramkan
·     Menetapkan kebijaksanaan seksi dan mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat.
·     Menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan seksi kepada ketua (setiap sebulan sekali).

  1. Program Kerja OSIS MTs Sunan Kalijogo masa bhakti 2014 – 2015
a.       Program Kerja Harian
1)      Tawasulan
2)      Membaca Surat Ya Sin
3)      Membaca 3 Kalimat Ihsan
4)      Varia Bahasa
5)      Pengucapan Yel-yel “YASUKA”
6)      Tajilul Lugho
7)      Jamaah Shalat Dhuha
8)      Jamaah Shalat Dhuhur
b.      Program Kerja Mingguan
1)      Jum’at Beramal
2)      Jum’at Bersih
3)      Latihan Pramuka
4)      Latihan PMR
5)      Pemeriksaan Kunci Sepeda Motor
c.       Program Kerja Bulanan
1)      Ziarah Makam Auliya’ (Alm. KH. Ma’ruf)
2)      Pemeriksaan Inventaris Kelas
3)      Pemeriksaan HP
4)      Pemeriksaan Kuku dan Rambut
5)      Pemeriksaan Keindahan Lingkungan
6)      Pemeriksaan Kerapian Kelas
d.      Program Kerja Semesteran
1)      Kegiatan Bhakti Sosial
2)      Kegiatan “Class Meeting”
3)      Lomba Kelas Sehat
e.       Program Kerja Tahunan
1)      Kegiatan Masa Orientasi Madrasah (MOM)
2)      Pemilihan Pengurus Osis
3)      Kegiatan Perkemahan
4)      Pelantikan Pengurus Osis Baru
5)      Peringatan PHBI dan PHBN
6)      Mengadakan perlombaan kalighrafi, MTQ dan pidato
J.      JUMLAH SISWA MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL
Tabel  keadaan siswa MTs SUNAN KALIJOGO Bandem, Kendal, Ngawi Tahun Pelajaran 2014 / 2015.

K.    DATA PRESTASI MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL
No
Jenis Prestasi
Tingkat Kejuaraan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
Juara I Games HUT RI Ke 60
Juara 2 Gerak Jalan HUT RI
Juara 2 Volley Ball Putra
Juara 2 PMR Putra 2005
Juara 2 Gerak Jalan Putri HUT RI ke 49
Juara 2 Karnaval HUT RI ke 51
Juara 2 Volley Ball Putra HUT RI ke 51
Juara 2 Gerak Jalan Putra HUT RI ke 59
Juara 2 PMR Putri 2005
Juara 3 HUT Pramuka ke 36
Juara 3 Volley Ball Putri HUT RI ke 59
Juara 3 Volley Ball Putri HUT RI ke 51
Juara 3 Volley Ball Putra HUT RI ke 60
Juara 3 Volley Ball Putri HUT RI ke 60
Juara 3 Tandu PMR 2005
Juara 3 Karnaval HUT RI ke 57
Juara 3 HUT Pramuka ke 35
Juara 3 HUT Pramuka ke 34
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
Kabupaten Ngawi
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
Kabupaten Ngawi
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
KecamatanKendal
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
Kabupaten ngawi
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal
Kecamatan Kendal

L.     DATA PENERIMAAN DAN KELULUSAN SISWA MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL
  1. Grafik Penerimaan dan Kelulusan
Tingkat penerimaan murid baru dan prosentase kelulusan siswa MTs Sunan Kalijogo adalah sebagai berikut ;


  1. Kohort
M.   DATA IDENTITAS GURU DAN KARYAWAN MTs SUNAN KALIJOGO
Data identitas guru dan staf  karyawan MTs SUNAN KALIJOGO Kendal adalah sebagai berikut :


N.    DATA DEWAN GURU DAN PEGAWAI






O.    DENAH TATA RUANG MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL
DENAH LOKASI
MTs SUNAN KALIJOGO








P.     STRUKTUR ORGANISASI MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL






Q.    STRUKTUR PENGURUS KOMITE
STRUKTUR PENGURUS KOMITE MADRASAH
MTs SUNAN KALIJOGO KENDAL








Bevel: KETUA
SUMARYONO



Bevel: WAKIL KETUA
SUMARYONO





Text Box: ANGGOTA
1. SA
2. SD
3.
 
















BAB III
KONTRIBUSI MAHASISWA
Melaksanakan salah satu program yang telah direncanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif  (STAIM) Magetan,  yang berupa kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), dengan harapan berguna bagi Mahasiswa sendiri, sebagai bentuk apliksi pengalaman mengajar yang nanti akan sangat bermanfaat ketika mahasiswa terjun langsung disekolah menjadi seorang pendidik atau pengajar. Bukan hanya itu tetapi juga sebagai bahan pertimbangan masukan bagi Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM) Magetan untuk mengkaji dan menevaluasi kegiatan yang sedang dilaksanakan agar  berubah kearah yang lebih baik.
Terkait dengan program PPL tersebut, kami mencoba mempraktekkan cara mengajar dan mendidik yang baik, seperti apa yang telah diperoleh sewaktu menempuh pendidikan dibangku kuliah. Sebagai bentuk sumbangan dan pengamalan ilmu terapan ditempat PPL. Oleh karenanya guna membantu kegiatan intrakurikuler dan mendukung kegiatan ekstrakurikuler, kami kelompok PPL Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM)  Magetan memberi kontribusi sebagai berikut :
A.    Kontribusi Kegiatan Intrakurikuler
  1. Mengajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal (terlampir)
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
  1. Mengajar Mata Pelajaran Sejarah Kebuayaan Islam
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal (terlampir)
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
  1. Mengajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal (terlampir)
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
  1. Mengajar Mata Pelajaran Fiqih
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal (terlampir)
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
5.      Mengajar Mata Pelajaran Lain (Jam Kosong)
Hari / Tanggal : Kondisional.
Keterangan      : Terlaksana dengan baik.
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi.
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah.
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan.
6.      Membantu Menjadi Pengawas Ulangan Tengan Semester.
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal (terlampir)
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
d.      Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi.
e.       Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah.
f.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan.


B.     Kontribusi Kegiatan Ekstrakurikuler
Mendukung diadakanya kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya :
1.      Ekstrakurikuler OSIS.
Hari / Tanggal : Kondisional.
Keterangan      : Terlaksana dengan baik.
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
2.      Ekstrakurikuler Pramuka.
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
3.      Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR)
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
4.      Ekstrakurikuler Muhadhoroh
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
5.      Ekstrakurikuler Tartil
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
6.      Ekstrakurikuler Tilawah
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal
Keterangan      : Terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
7.      Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS dan Pramuka
Hari / Tanggal : Sesuai jadwal
Keterangan      : Terlaksana dengan baik.
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan
C.    Kontribusi Lain (Administratif).
Membantu kegiatan administrasi madrasah, diantaranya :
1.      Membantu membenahi data siswa dibuku induk.
Hari / Tanggal : Kondisional
Keterangan      : Terlaksana dengan baik.
Maksud dan Tujuan :
a.       Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi
b.      Pengamalan keilmuan yang diperoleh dari bangku kuliah,
c.       Realisasi kerja sama antara peserta PPL dengan lembaga pendidikan

BAB IV
PENUTUP
Puji dan syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Alloh SWT karena telah melimpahkan begitu banyak rahmat, mikmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kami dapat menyelesaikan semua kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksnakan di MTs SUNAN KALIJOGO Bandem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, mulai tanggal 2 Februari sampai 13 Maret 2015 dan sekaligus dapat menyelesaikan penyusunan laporannya dengan lancar tidak ada halangan yang berarti. 
Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pelatihan mengajar mahasiswa secara langsung di lapangan untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilan (teori) yang telah diperoleh dari hasil belajar dari kegiatan perkuliahan. Latihan ini bertujuan untuk membentuk tenaga pengajar yang professional, yang memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi paedagogie, kompetensi personal, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Dan juga untuk mendapatkan pengalaman terpadu untuk dapat dikembangkan di masa yang akan datang.
Dalam proses kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Sunan Kalijogo Kendal yang dimulai dengan pelatihan pelatihan sebelum mekasanakan PPL yang disebut Micro Teaching yang meliputi pelatihan keterampilan mengajar secara terbimbing dan secara mandiri kemudian dilanjutkan dengan kegiatan observasi lingkungan sekolah sekaligus pembagian jadwal mengajar, dan dilanjutkan dengan kegiatan praktik mengajar dikelas.
Dalam kegiatan praktik mengajar mahasiswa praktikum tentunya selalu memperhatikan langkah-langkah dalam melaksanakan kegiatan tersebut diantaranya persiapan mental dan sumber belajar, persiapan media belajar dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), berpakaian rapih, bersikap laksana pendidik pada umunya.
A.    KESIMPULAN
Secara umum berbagai kegiatan yang telah diprogramkan pada kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, alhamdulillah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, namun kami sadar bahwa hal tersebut masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna, walaupun apa yang telah kami lakukan merupakan sebuah upaya dan kerja keras yang maksimal sesuai dengan kemampuan kami. Namun apalah daya kemampuan kami sangatlah terbatas, sehingga pelaksanaan PPL masih sangat jauh dari sempurna.
Selanjutnya harapan kami semoga laporan kegiatan PPL ini, nantinya bisa bermanfa’at untuk kami sebagai peserta dan penulis khususnya, dan juga bisa berguna bagi para pembaca pada umumnya. Saran dan kritik sungguh kami harapkan, supaya lebih baik dan lebih bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan kami, sehingga kami bisa menjadi pendidik dan pengajar yang lebih baik dan berguana dalam dunia pendidikan.
AMIIN. YA ROBBAL ‘ALAMIN
B.       S A R A N
Ada pun saran yang ingin di sampaikan peserta praktikan baik kepada Lembaga sekolah tempat praktikan maupun yang lainnya yang terkait dalam proses kegiatan pelaksanaan praktik lapangan kependidikan adalah
1.        Tetap konsisten mempertahankan dan meningkatkan kualitas serta mutu Pendidikan.
2.        Mengurangi faktor like and dislike dalam penilaian terhadap mahasiswa praktikan dan ditekankan pada parameter kualitas kemampuan mahasiswa yang secara obyektif.
3.        Meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan instusi pendidikan (sekolah/madrasah), artinya tidak sebatas sebagai partner untuk menyediakan tempat praktik bagi mahasiswa, namun bagaimana fakultas dan sekolah mampu menjadi partner dalam meningkatkan mutu pendidikan.



i
ii
iii
iv
vi
vii

1
2
3
4
5

7
10
11
12
12
13
13
14
14
19
20
25
31
31
32
32
33
34
35
36
37
38

39
41
44

46
47


Tidak ada komentar:

Posting Komentar