PEDOMAN PENILAIAN
KURIKULUM 2013
KURIKULUM 2013
A.
KebijakanUmumPenilaian
Prinsip
|
Pendekatan
|
1.
Sahih
2.
Objektif
3.
Adil
4.
Terpadu
5.
Ekonomis
6.
Transparan
7.
Menyeluruhdankesinambungan
8.
Sistematis
9.
Akuntabel
10.
Edukatif
|
1.
Pendekatanpenilaian yang
digunakanadalahpenilaianacuankriteria (PAK)
2.
PAK merupakanpenilaianpencapaiankompetensi
yang didasarkanpadakriteriaketuntasan
minimal (KKM).
3.
KKM Pengetahuan
dan Keterampilan : >
2.66
4.
KKM Sikap : Baik
|
B.
Penilaian Proses Dan KompetensiSecaraUtuh
Kompetensi
|
Teknik
|
Proses
|
Hasil
|
Sikap
|
Observasi (langsungatautidaklangsung)
|
v
|
v
|
PenilaianDiri
|
v
|
||
Penilaiantemansejawat
|
v
|
||
Jurnal
|
v
|
||
Pengetahuan
|
TesTulis
|
v
|
|
TesLisan
|
v
|
||
Penugasan
|
v
|
v
|
|
Ketrampilan
|
TesPraktik
|
v
|
v
|
Projek
|
v
|
v
|
|
Portofolio
|
v
|
v
|
C.
KompetensiSikapYang
Dinilai
KompetensiInti
|
KompetensiDasar
|
• Jujur
• Disiplin
• TanggungJawab
• Toleransi
• Gotongroyong
• Santun
• PercayaDiri
|
KD pada KI-1 bersifatgenerik
KD pada KI-2 :
• Sikapbersifatgenerik
• Sikapsesuai KD
|
D. Sistem Penilaian Kurikulum 2013
No
|
Jenis Penilaian
|
Pelaku
|
Waktu
|
1
|
Penilaian otentik
|
Guru
|
Berkelanjutan
|
2
|
Penilaian diri
|
Siswa
|
Tiap kali sebelum ulangan harian.
|
3
|
Penilaian projek
|
Guru
|
tiapakhirbabatautemapelajaran
|
4
|
Ulangan harian (dapat berbentuk
penugasan)
|
Guru
|
terintegrasi dengan proses
pembelajaran
|
5
|
Ulangan Tengah dan Akhir Semester
|
Guru (di bawah koord. satuan
pendidikan)
|
Semesteran
|
6
|
Ujian Tingkat Kompetensi
|
Sekolah (kisi-kisi dari Pemerintah)
|
Tiap tingkat kompetensi yang tidak
bersamaan dengan UN
|
7
|
Ujian Mutu Tingkat Kompetensi
|
Pemerintah
|
Tiap akhir tingkat kompetensi (yang
bukan akhir jenjang sekolah)
|
8
|
Ujian Sekolah
|
Sekolah (sesuai dengan peraturan)
|
Akhir jenjang sekolah
|
9
|
Ujian Nasional sebagai Ujian Tingkat
Kompetensi pada akhir jenjang satuan pendidikan.
|
Pemerintah (sesuai dengan peraturan)
|
Akhir jenjang sekolah
|
KetuntasanBelajar
E. TeknikdanInstrumenPenilaian
Kompetensi
|
Teknik
|
BentukInstrumen
|
Sikap
|
Observasi
(langsungatautidaklangsung)
|
PedomanobservasiDaftarcekdanskalapenilaiandisertairubrik
|
PenilaianDiri
|
LembarPenilaianDiri
|
|
PenilaianAntarpesertadidik
|
LembarPenilaianAntarpesertadidik
|
|
Jurnal
|
LembarJurnal
|
|
Pengetahuan
|
TesTulis
|
PG,
Isian, Jawabansingkat, menjodohkan, benarsalah, uraian
|
TesLisan
|
Daftarpertanyaan
|
|
Penugasan
|
Lembarpenugasan
(PR, kliping)
|
|
Keterampilan
|
TesPraktik
|
Daftarcek,
skalapenilaian
|
Projek
|
Daftarcek, skalapenilaian
|
|
Portofolio
|
Daftarcek, skalapenilaian
|
F. PedomanPenghitunganSkor
Cara
Konversikeskala 1 – 4 :
G. Konversi Nilai
Pengetahuan, Keterampilan, Sikap
H.
Model
Rapor
I.
Rentang Nilai
No
|
SKOR
|
Nilai
|
1
|
0.00 ˂skor˂ 1,00
|
D
|
2
|
1,00 ˂
skor˂1,33
|
D +
|
3
|
1,33 ˂skor˂ 1,66
|
C -
|
4
|
1,66
˂ skor ≤
2,00
|
C
|
5
|
2,00
˂ skor ≤
2,33
|
C +
|
6
|
2,33
˂ skor ≤
2,66
|
B -
|
7
|
2,66 ˂ skor˂3,00
|
B
|
8
|
3,00 ˂skor
≤ 3,33
|
B +
|
9
|
3,33 ˂skor˂ 3,66
|
A -
|
10
|
3,66
˂ skor˂ 4,00
|
A
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar